Kamis, 28 Maret 2013 - 07:25:32 WIB
Pilwalkot Bandung
Elektabilitas Pasangan Rido dan Ide Melejit Versi Instrat
laporan : Admin
Bandung - Indonesia Strategic Institute (Instrat) mengklaim elektabilitas serta popularitas pasangan bakal calon Cawalkot-Cawawalkot, Ridwan Kamil-Oded Mohammad Danial (Rido) dan MQ Iswara-Asep Dedi Ruyadi (Ide), melejit pada Pilwalkot Bandung 2013.

"Kami melakukan tiga kali survei. Saat survei pertama, Ridwan Kamil (RK) itu hanya enam persen, lalu Iswara belum masuk hitungan karena belum ada rencana maju. Namun pada survei kedua, ada kenaikan popularitas dan elektabilitas bagi RK. Nah di survei ketiga, usai pendaftaran, Ridwan Kamil dan Iswara bisa unjuk gigi dengan raihan angka yang signifikan," ucap Direktur Kajian Strategis Instrat Adi Onggoboyo dalam jumpa pers di Ruang Tamansari Hotel Sawunggaling Jalan Tamansari Kota Bandung, Rabu (27/3/2013).

Adi mengatakan, khusus pasangan Rido, penambahan angka dalam hasil survei merupakan sumbangan dari pasangannya Oded Mohammad Danial yang merupakan kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sementara Iswara mendapat penambahan pemilih dari mesin politik Partai Golkar yang semula mendukung Edi Siswadi.

"Saat masih di Golkar, Edi Siswadi mendapat 29 persen. Namun setelah bergabung bersama Erwan Setiawan di Partai Demokrat dan usai pendaftaran, elektabilitasnya malah turun jadi 19,13 persen. Kami menduga 10 persen itu lari ke Iswara," tuturnya.

Lebih lanjut Adi menilai, pada survei terakhir itu seharusnya empat pasangan calon yakni Ayi Vivananda-Nani Suryani, MQ Iswara-Asep Dedi, Edi Siswadi-Erwan Setiawan (Eswan) dan Ridwan Kamil-Oded M Danial mendapat kombinasi penambahan angka. Karena masing-masing partai membawa massa yang berjumlah banyak.

"Namun kenyataannya tidak demikian, seperti yang diperlihatkan pasangan Eswan. Justru Rido dan Ide yang mampu bergerak memperlihatkan mesin partai yang solid. Kalau Independen, kami kurang melihat pergerakan dan dukungan dari responden kami," jelas Adi.
Sumber: Detik.com

Bookmark and Share








pendidikan

Jumat, 05 Oktober 2012 - 23:23:00 WIB
Singapura Sumbangkan Mobil Perpustakaan Keliling ke Pemprov Jabar
LENSAINDONESIA.COM: Duta Besar Singapura untuk Indonesia Mr Anil Kumar Nayar menyerahkan satu unit mobil perpustakaan keliling (Mopusling) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) ...

Teknologi

Senin, 30 September 2013 - 07:40:49 WIB
Buat Foto Panorama di Android dengan Aplikasi "360"
17panorama.JPG
KOMPAS.com Pencinta fotografi pasti sudah akrab dengan istilah panorama, yakni foto yang disajikan dengan kesan lebar.

Cara membuatnya adalah sang fotografer ...