Rabu, 05 Juni 2013 - 09:31:18 WIB
Komisi E Evaluasi Keberangkatan Haji Jabar

laporan : Admin
Banfung JJ.Com
Dalam rangka evaluasi keberangkatan haji di Jawa Barat, Pimpinan dan anggota Komisi E DPRD Provinsi Jawa Barat melaksanakan kunjungan kerja ke Asrama haji Bekasi (7/5). Rombongan di pimpin Drs. Agus Weliyanto diterima oleh Kepala Bidang Haji Asrama haji Bekasi, Buchori beserta jajarannya di Ruang rapat Raudhah A.
Pada pertemuan tersebut, Agus mengatakan pihaknya ingin mengetahui bagaimana langkah ke depan terkait dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang tertinggi seiring dengan regulasi dan juga sistem pemberangkatan jemaah haji serta kaitannya dengan otonomi daerah.
" Bagimana persiapan kuota haji, dan bagaimana persiapan untuk embarkasi di tahun 2013 dan apakah ada tambahan kuota untuk Jawa Barat?" demikian ditanyakan Agus.
Pada kesempatan tersebut Buchori menjelaskan masalah kuota jemaah haji lansia yang masih merupakan wacana. Menurutnya memang di Jawa Barat terdapat 499 orang yang terdorong lansia yang bisa ditarik atau disertakan pada tahun ini. Namun menurut Buchori pihaknya juga harus melihat kriteria lansia usia berapa yang dapat ditarik.
Menurut Buchori kebijakan yang lalu itu memang di akhir dan cukup merepotkan pihaknya sebagai penyelenggara. " Sehingga pada waktu itu jamaah lansia yang terserap hanya sekitar 30 % dan yang 70 % nya tidak bisa melunasi sehingga tidak bisa berangkat karena mepetnya waktu."
Buchori juga menjelaskan mengenai masalah bimbingan KBIH dan majelis taklim yang bermasalah terkait keberangkatan jemaah. Menurut Buchori pada tahun ini ada regulasi yang memungkinkan KBIH ini bisa tumbuh dan sekaligus juga seleksi terhadap KBIH-KBIH tersebut.
Menjawab pertanyaan Anggota Komisi E, Enok Aisyah Erwin mengenai status tanah Asrama Jemaah Haji Bekasi, Buchori menjelaskan status tanah menjadi kendala kaitannya dengan pencatatan barang milik negara sehingga bantuan-bantuan yang di turunkan ke asrama embarkasi ini sangat minim.
Menanggapi penjelasan Buchori, apa yang disampaikan kepada Komisi E akan menjadi bahan diskusi, termasuk dengan Pemerintah Daerah terutama mengenai status tanah. Termasuk mengenai UMR karyawan akan dibicarakan, bila perlu mendorong ke Dirjen agar SK-nya bisa berubah.
" Mengenai masalah pemberangkatan jemaah haji harus menjadi perhatian semua pihak agar pelaksanaan ibadah haji berjalan dengan lancar," demikian dikatakan Agus.
Pada pertemuan tersebut Komisi E juga didampingi Kepala Biro Pelayan Sosial Prov. Jabar, H.Riyadi yang menyampaikan pihaknya akan membantu penyelesaian masalah aset dan mendorong pengelolaan Asrama Haji Bekasi untuk mendapatkan pendapatan di luar pada waktu musim haji.***Ahmad Depe

Bookmark and Share








pendidikan

Jumat, 05 Oktober 2012 - 23:23:00 WIB
Singapura Sumbangkan Mobil Perpustakaan Keliling ke Pemprov Jabar
LENSAINDONESIA.COM: Duta Besar Singapura untuk Indonesia Mr Anil Kumar Nayar menyerahkan satu unit mobil perpustakaan keliling (Mopusling) kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) ...

Teknologi

Senin, 30 September 2013 - 07:40:49 WIB
Buat Foto Panorama di Android dengan Aplikasi "360"
17panorama.JPG
KOMPAS.com Pencinta fotografi pasti sudah akrab dengan istilah panorama, yakni foto yang disajikan dengan kesan lebar.

Cara membuatnya adalah sang fotografer ...